25/04/12

Cerita Lain di Bromo


Berikut ini adalah cerita sampingan hasil eksplorasi di Bromo. :.^o^.:. Yang kayak gini ni yang nggak akan saya dapatkan kalau saya pergi ke Bromo diantar pak cholid.

Menunggu itu menyiksa
Gara-gara stress nunggu Elf  yang nggak berangkat-berangkat, saya sempat punya pikiran ikut mobil yang ngangkut sayur mayur...hehehee. Galau milih kendaraan buat jalan-jalan di Bromo, saya juga sempat mikir buat jalan kaki...padahal gag tau jalan....hahahahahaaa...http://www.emocutez.com


Nih peta dari Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru, meski di gambar kecil, tapi kalo jalan bisa copot tuch kaki.

Pertanyaan Gajebo
Ada 2 pertanyaan yang sering mampir di telinga saya dan si emon, pertanyaan itu :
  •      Dari mana mbak?. Jawab : dari Malang pak. Selanjutnya pasti dia bilang : ooo deket...kok lewat cemoro lawang...sudah berapa kali ke Bromo...dan   seterusnya...
  •      Cuma Berdua aja?,Kok nggak sama pacarnya?. Jawab : (nyengir dulu)...hehe kalo banyak orang ribet pak...kalo sama pacarnya gag asik...Selanjutnya pasti dia bilang : lho kan enak sama pacar....bla bla blaaaa....
Hahaha...http://www.emocutez.comkita ini mahasiswa jomblo yang haus dengan ekplorasi indahnya Indonesia, selebihnya no coment...

Tentang si Bule
Pas nunggu elf yang ke Cemoro Lawang, saya & si emon kenalan sama 2 bule dari prancis, dan mereka ternyata sedang melakukan Asia Tour....Ajjiiiiibbb...http://www.emocutez.com(gag da kerja’an atau kebanyakan duit ni bule). Mereka bilang, sebelum ke Indonesia, mereka ke thailand dulu, sebelum ke thailand, mereka ke Nepal dulu, dan setelah dari bromo, mereka mau ke yogyakarta. Hhhmmm...ajaib banget nih bule, bahkan di bromo yang dingin pun dia ber-tanktop !!

Masih tentang bule. Pas kita sudah di homestay, selesai makan, kita nonggkrong di depan homestay sambil ngobrol sama pak santoso dan bapak pemilik homestay depan rumah pak santoso...,mulai dari cuaca, pengunjung...dan sampai akhirnya ada elf yang datang membawa bule cewek dengan tanktop dan hotpant.

Aku & Emon : “Busyaet dah...” membandingkan dengan kita (kita pake celana, baju panjang + sweater)

Bapak X : “wah mbak...niki tasik mending, lek theng homestay kulo niku nggih, lek isine namung wong wedhok tok, bule bule, nggih kadhos tenk tipi tipi ngoten...nggih namung gawe BH kalihan sempak tok”
Aku & Emon : “kwkwkwkwkwkwkwkwkwkw....http://www.emocutez.com” (aku tertawa kepingkal pingkal denger si bapak ngomong)

Madakaripura
Madakaripura
Dari bapak ini juga saya dapet informasi tentang air terjun madakaripura, awalnya saya ingin kesana...karena penasaran dengan air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah air terjun sigura-gura di Medan. Air terjun ini cantik banget, seperti tirai air...dan bahkan katanya airnya dipercaya bisa membuat awet muda.

Bapak X : “lek jare kulo nggih...pun tenk mada (madakaripura)...bahaya mbak, tiang-tiange tenk mriku nakal nakal...lek jawah, banyune niku saged ngalir gedhe tenk dalan liwate sampean mengke, wong kulo sampun nathe mriko”

Yeaa...saya sudah tahu dengan info ini dari beberapa blog yang saya baca, Madakaripura yang cantik ini dimanfaatkan oleh penduduk sekitarnya untuk mencari nafkah dengan menjadi guide,tukang parkir dan penjual makanan. Tapi mereka tidak tertib, suka memanfaatkan wisatawan dengan mengeruk uang mereka. Tidak ada tarif pasti disini, suka-suka mereka...dan pasti mahal.

Setelah dengar informasi dari bapak ini, saya pun mengurung niat saya untuk kesana,meski sebenarnya saya masih penasaran sampai saat ini, kalau ada yang mau kesana..http://www.emocutez.comajak -ajak ya !!

Kuda Bima dan Pakelem
Pak sis, dan si kacung, kuda bima miliknya
Di Bromo, khususnya saat menuju mulut kawah, ada banyak orang yang menawarkan kuda. Kuda yang mereka pakai cenderung pendek tapi berotot, kuda-kuda ini adalah jenis kuda bima yang berumur kurang lebih 8 tahun.

Sesajen upacara pakelem
Dan saat berada di mulut kawah...ada kegiatan upacara disana, ketika saya bertanya pada seorang ibu ibu, dia bilang mereka akan melakukan upacara pakelem. Kemudian saya bertanya lagi, upacara ini dalam rangka apa....dan ibu ibu itu bilang....

“Karena ada sesuatu...”
Toenk...krik krik...krik krik...http://www.emocutez.com
hehehehe...jadi inget salah satu artis ibu kota....

Jejak Erupsi Bromo
Akhir tahun 2010, bromo menjadi fluktuaktif dan berakibat erupsi yang cukup besar. Kata mas yoyok, wisata bromo sempat ditutup selama kurang lebih 8 Bulan karena jalan longsor, tertutup pasir erupsi, dan bahaya gas beracun. Sepanjang perjalanan saya jalan jalan di bromo, mas yoyok juga menunjukkan spot spot longsor, dan sungai bekas lahar dingin. Status bromo  baru berubah menjadi normal atau level 1 pada tanggal 30 Maret 2012 ini.

Gunung Bromo yang namanya diambil dari 'Brahma' atau Dewa Utama Agama Hindu pernah erupsi besar tiga kali selama abad ke-20, dengan interval waktu 30 tahun. Sebelumnya, letusan terbesar Bromo terjadi pada 1974.

Aktivitas Bromo antara tahun 2012 hingga 2011 tak hanya berdampak bagi penduduk sekitarnya – menyesakkan nafas, membuat tanaman mati, atau banjir lahar dingin. Pada akhir Januari 2011 abu Bromo sempat menggangu penerbangan sejumlah maskapai asing, dari Australia, Hong Kong, dan Singapura, dari dan menuju Bali.

Budget buat ke Bromo
  • Bus Malang – Probolinggo = 23.000 (Bus akas, patas AC)
  • Elf Probolinggo – Cemoro Lawang = 25.000 (Normalnya), sebaiknya sampai di probolinggo tidak terlalu sore, jadi tidak terlalu lama menunggu dan bisa dapat harga normal.
  • Homestay = 200.000/Kamar (Bisa untuk 2 Orang) Informasi homestay di cemoro lawang lebih sulit dicari di internet dari pada hotel, jadi mungkin lebih baik kalau menghubunginya via telpon untuk bertanya-tanya.
    • - Losmen Setia Kawan (Milik Pak Santoso) : 08123460471
    • - Homestay Tengger Permai : 085236418382, Ketika saya ke bromo, homestay tengger permai sepi...tapi kalau mau nanya info kesana nggak pa pa lah...buat perbandingan.
  • Sewa jeep hardtop (homestay-pananjakan-kawah-homestay) = 375.000 (untuk 4 orang)
  • Sewa jeep hardtop (homestay-pananjakan-kawah-savana-pasir berbisik-homestay) = 500.000 (untuk 6 orang)
  • Motor/Ojek (homestay-pananjakan-kawah-savana-pasir berbisik-homestay) = 150.000
  • Makan = standart 5.000-12.000, porsinya lumayan banyak lho.
  • Sewa kuda = 60.000

| Free Bussines? |

2 komentar:

  1. Selamat Pagi

    maaf sebelumnya bolehkah saya bertanya beberapa hal.

    dimanakah mba vita menginap selama di bromo? berapa harganya permalam? fasilitas yg didapatkan? serta berapa harga saat libur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya maaaaf sekali baru dibalas komennya...karena sesuatu mungkin komennya jadi tidak terlihat...

      Saya nginap di Losmen Setia Kawan milik pak santoso, ada kontak person'nya di atas, jadi untuk tarif saat libur lebih baik tanya langsung ke pak santoso via telpon.

      Hapus