09/04/12

(Un)Stable


Stabil, stabil, STABIIIiiiiLLLL...kata kata ini yang membuat saya menjadi labil !!!

Why ??? ini tanggal 9 April yang it mean besok adalah Ujian Tengah Semester...what cepet banget yuaaaa....perasaan baru kuliah sebulan deh...#pikiranmahasiswanormal: selalu merasa terlalu cepat waktu berlalu#

Huuft...tantangan hari pertama yang akan saya hadapi adalah Ujian Stabilitas Obat, jam 8 pagi tenk...gag kurang gag nambah...

Sejujurnya saya tidak mengerti apa dan maksud dari matakuliah ini, yeaa...secara mata kuliah ini dibawakan oleh dosen saya yang luaaaarr biasaaaa...Luar biasa pintar dan luar biasa lemah lembut tutur katanya hingga membuat saya selalu ngantuk di mata kuliah ini...~_~....

Permen ?? gag mempan...Bangun siang?? gag mempan...Menahan Lapar?? gag mempan, semua jurus ini biasanya membuat saya lebih bisa “Melek” untuk mata kuliah lain, tapi entah mengapa tidak untuk yang satu ini. Bahkan saya pernah mengoleskan freshcare di kelopak mata saking karena gag bisa nahan kantuk....#parah !!.

Tapi sungguh sihir itu sangat luar biasaaaaa.....tetaplah saya tekantuk kantuk.

Jadi bagaimana saya menghadapi ujian besok?? Materinya Cuma power point dari si bapak penebar kantuk...dan itu Cuma inti-intinya saja...tanpa kisi kisi dan gambaran soalnya...hohooo. Baiklah saya akan bermain sihir juga disini...Menghayal apa dan bagaimana sebenarnya mata kuliah ini...

First à Kerangka Stabilitas Obat
Apa sih stabil itu ?? Kemampuan untuk bertahan, dalam batas waktu tertentu, sehingga terjaga kualitas dan kuantitasnya.

Stabilitas Obat ?? Kemampuan suatu produk obat untuk bertahan dalam batas waktu spesifik (shelf life/Expt date) yang telah ditetapkan, selama periode penyimpanan & penggunaan, sehingga terjamin Kualitas (kemurnian,efek terapi,identitas) dan Kuantitasnya (kadar zat aktif) sama dengan yang dimiliki ketika obat dibuat.

Expired Date (Kadaluwarsa) ?? Batas waktu dimana obat diperbolehkan untuk dikonsumsi, diharapkan dalam batas waktu itu obat masih memenuhi kriteria Kualitas dan kuantitas yang ditetapkan.

Shelf Life (Waktu simpan) ?? Batas waktu dimana obat tetap dalam kondisi stabil dalam wadah selama penggunaan dan penyimpanan sesuai dengan kondisi yang diperlukan obat.

Second à Perlukah kita belajar ini..^-^..
Sebagai seorang farmasis yang baik dan beriman, ini wajib diketahui...dan sunnah untuk dipahami (heheee...)
Untuk yang nantinya punya mimpi bekerja atau bahkan punya industri obat, ini perlu untuk dipelajari. Bayangin aja, kita belajar bagaimana obat ini bisa bertahan dalam bentuk, kadar dan ke’efektifannya...menentukan umur dari obat...dan analisa kerusakan apabila obat tidak stabil...

Batasan stabilitas :
  •       Stabilitas Fisika : tampilan,konsistensi,warna,aroma,rasa,kekerasan,kerapuhan,bobot de el el.
  •       Stabilitas Kimia : degradasi obat, kehilangan potensi, & kehilangan bahan tambahan.
  •       Stabilitas Mikrobiologi : Perkembangbiakan mikroorganisme, efektivitas pengawet.

Stabilitas Obat dapat tergantung pada :
  •       Sifat fisika kimia dari bahan aktif dan eksipien yang digunakan dalam formulasi
  •       Faktor lingkungan (suhu,kelembaban, dan cahaya)


Itulah kenapa jika kita akan merancang suatu bentuk sediaan obat kita harus terlebih dahulu melakukan preformulasi untuk mempertimbangkan karakteristik sifat kimia, fisika, dan biologis dari zat aktif dan tentunya eksipien yang akan kita gunakan, performulasi kita lakukan dengan studi literature terlebih dahulu, baru setelah itu kita buat formulasi yang “sekiranya” tepat kemudian dilakukan “trial” atau uji coba sampai kita menemukan formulasi sediaan yang stabil.

Third à Sepertinya cukup...~_~...
Harusnya saya kupas tuntas tentang “Batasan Stabilitas” dan “Stabilitas Obat tergantung pada”...tapi saya harus menerawang lebih dalam lagi.....

Setelah tulisan ini terpublikasikan...maka saya sedang bersemedi untuk menerawang hal-hal itu...qiqiqiqiqiq....

Dekomposisi obat secara fisika...Dekomposisi obat secara kimia...mikrobiologi...Laju reaksi dekomposisi...ow ow ow ow...harusnya waktu itu saya tidur aja dikelas...syapa tau mimpinya tentang yang beginian...heheheee....#otakgajebosindromujian#

SEMANGAT !!!!




| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar