25/04/12

Bromo, feel like in the middle of nowhere


Kembali eksplore Indonesia, saya dan partner bolang setia saya, siapa lagi kalau bukan si emon. Untuk eksplore kali ini kita milih tempat yang dekat dan singkat, mengingat waktu yang kita punya juga sangat terbatas, jadi pilihannya jatuh pada Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru.

Dekat?? ...tentu saja...kan kita berangkat dari Malang, kebetulan saya pulang ke Malang, bukan dalam rangka liburan...tapi libur tak sengaja...hehe, jadwal UTS sudah habis, otomatis saya libur donk, selain pulang untuk mengantar kepergian bapak dan ibuk pergi umroh, terselip pula rencana jalan-jalan disini.

Planning Time
Seperti biasa, saya & emon koordinasi jarak jauh. Jakarta VS Malang, untuk trip yang ini saya ijin nech sama bapak & ibuk (maklum yang ke karimun jawa kemaren gag ijin), tentu saja mereka setuju. Alhamdulillah...saya memang selalu diijinkan kemana-mana...^-^...sip. Rencana sudah disusun, semua siap.

Tapi, setelah sampai di Malang, Bapakku bilang :

“dek diantar saja ya pake mobil, sama pak cholid, nanti biar budhe sama adeknya bisa ikut”

Aku :...WHAT !! http://www.emocutez.com...(kaget campur bingung)...”Haduuh...gag usah...naek bis aja...”

Bpk : “Liat apa sih di Bromo???...paleng Cuma matahari sama kawah, pake mobil aja, berangkat malam,pulang pagi...bla..bla..bla..blaaa......”

[Setting : Ruang tengah rumahku. NB: Dialog Bahasa Jawa]

Kacau sudah dunia persilatan...ehhmm rencanaku & emon..., kita mau eksplore...bukan rekreasi keluarga...~_~...Kalau diantar sopir + istri + anaknya...apalah nasib eksplorasi kitaaa...

Tapi kekacauan ini telah teratasi, setelah bapak & ibuku berangkat. Saya langsung ngomong baik-baik ke pak cholid, kalau saya pergi sendiri saja ke bromo, pak cholid tidak keberatan.
Bapak maafkan saya yaa...hehee...

So...this is the trip......

Take Off from Malang
Jum’at 20/04/12, Akhirnya maen ke Gunung juga...setelah berkali-kali bermain air di Pantai...laut dan laut. Kita memang dari Malang, tapi kita ke Bromo nggak lewat jalur Tumpang (Malang), karena tujuan kita adalah Bromo. Bromo-Semeru itu sangat gedhee bin luas, bahkan untuk masuk kesana kita bisa lewat 4 jalur yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang.

Kita lebih memilih masuk lewat Cemoro Lawang, Probolinggo, karena jalur tumpang lebih dekat ke Gunung Semeru daripada Bromo. Jadi jalur Tumpang lebih cocok untuk mereka yang berniat mendaki ke Semeru.
Elf ini yang digunakan untuk menuju cemoro lawang.
bisa di temui di luar terminal, depan deretan warung.
Kita berangkat dari Terminal Arjosari menuju Probolinggo dengan naek bus jurusan Jember, cukup 2 jam saja kita sudah sampai di Terminal Bayuangga, Probolinggo. Turun dari bus, kita berjalan ke depan terminal, nyari Elf buat ke Cemoro Lawang.

Dengan tas ransel segedhe karung di punggungku, sangat mudah di identifikasi kalau kita ini mau ke Bromo. Langsung ada banyak yang nawarin ojek, nggak lama...ada bapak bapak tua yang melambaikan tangannya dan menyuruh kami mengikutinya...”Bromo mbak??...ayok mbak...sini mbak...sini mbak...” dia berjalan cepat ke arah luar terminal, karena tujuan saya juga ke arah luar...jadi saya ikuti dia. Awalnya curiga, tapi ternyata...bapak ini menuju ke arah parkiran Elf yang kita cari !! ^o^...Trima Kasih pak.

Belajar Percaya
Kita sampai di Probolinggo terlalu sore, jadi lumayan lama nunggu elf berangkat. Normalnya Elf ke Cemoro Lawang berangkat kalau penumpangnya udah penuh, dengan tarif normal 25ribu. Setelah menunggu 1 jam lebih...akhirnya bapak tua itu muncul lagi dengan dua orang cewek yang mau ke bromo juga, hhhmmm...kita agak lega...dan Lapar...hehee. Nggak lama kemudian, ada 2 bule yang datang...aseekk bareng bulee...^-^..

Saya & si emon makan bakso dulu di warung dekat parkiran elf, selesai nge”bakso” kita masuk aja ke dalam elf, udah jam setengah 6...padahal kita nyampe Probolinggo jam 4 sore. Saya sudah bosan menunggu...meronta-ronta...”mamaaaaa....kok gag budal budal....http://www.emocutez.com”, sampe diketawa’in si bule.

Tiba-tiba ada bapak bapak yang nongol di pintu mobil menawarkan ke kita untuk berangkat sekarang dengan tarif 40ribu perorang, dengan alasan hari makin larut...

Ya iya sih...makin lama makin gelap...kita juga udah bosan nunggu dari tadi...jadi saya dan si emon setuju. Si bapak ini nawarin ke si bule juga...cas cis cus cas cis cus...cuap cuap...http://www.emocutez.comsi bapak ngomong pake bahasa inggris...lancar broo...meski cuman supir elf !!, yeaa walau lidah masih berasa jawa...tapi tetaplah bahasa internasional yang keluar dari mulutnya.

Oke kita berempat setuju, tapi...loh mbak mbak yang 2 tadi manaa...,eh masih nongkrong depan warung bakso....saya melongokkan kepala saya di jendela dan mengajak mereka naik, biar kita cepat berangkat...eh mereka geleng-geleng...

Nggak lama kemudian, si bapak yang tadi negosiasi sama kita juga ngomong ke mbak mbak ini...ternyata mereka gag setuju !!...mereka curiga kalau mereka ditipu dengan tarif segitu, mereka berdalih balik masuk ke terminal, mau nyari perbandingan.

Huuuaaaa....lah iki lak gag budal budal akuuuuuu....(jeritan hati), saya juga melihat bapak tua yang tadi menunjukan tempat parkir Elf ini, saya nyoba tanya ke si bapak :

“kenapa pak?...mereka nggak mau ya??”

Bapak tua : “ iya, mereka ndak mau...mereka ndak percaya sama saya nak...padahal saya sudah ngasih tau, saya tunjukan jalannya...sudah hampir malam,kalau nanti mereka naek ojek trus kenapa-napa gimana...jalannya tu bahaya lho.”

Bapak tua ini bermuka melas...bisa di lihat ada kekecewaan di matanya...http://www.emocutez.com

Karena kita sudah tak sabar menunggu, kita nego lagi...tentunya bareng si bule, dan akhirnya kita berangkat dengan tarif 60ribu per orang. Yo wes lah....ga pa pa...daripada jamuran menunggu...

Pak Santoso is the Best
Perjalanan dari Probolinggo ke Cemoro Lawang ditempuh kurang lebih 1 jam. Selama perjalanan, dari malang-probolinggo-cemoro lawang...saya ditelpon pak santoso sampe 2 kali..hehehehe....Pak Santoso itu pemilik homestay dimana kita menginap (saya sudah telpon dan booking kamar seminggu sebelumnya), mungkin dia khawatir...

“Bilang saja sama supirnya nginepnya di tempat pak santoso, pasti tau”

Begitulah yang dikatakan pak santoso ke saya waktu saya telpon dan nanya saya harus turun dimana...

Jam 7 tepat kita sampai di depan Losmen Setia Kawan, homestay milik pak santoso. Wah...kita dikasih kamar di lantai 3...kamar mandi di luar tapi ada air panasnya lho, fasilitas ini cukuplah buat kita yang berkantong pas-pas’an...begitu keluar ke teras depan...ada bintang dimana-manaaaaaa.http://www.emocutez.com

Kegiatan kita malam itu : Mandi...sholat...jalan-jalan...nyari makan...tidur...

Bagaimana dengan besok pagi ??
Galau !!. Saya & si emon bingung, harus naik apa untuk liat sunrise dan eksplore bromo, gimana nggak bingung...kita Cuma berdua, kalau naik jeep (hardtop) sewanya 375ribu untuk 4 orang, gag mungkin kita share Cuma berdua, lagi pula tujuannya Cuma Sunrise Gunung pananjakan-Kawah, Cuma 2 tujuan??!!...sedangkan di Bromo ada padang savana, dan Pasir berbisik...Kalau mau 4 tujuan, jeep harus di carter, 500ribu untuk 6 orang.

Pak Santoso pun menawarkan kami naik motor seharga 125ribu per motor, dengan 4 tujuan, pananjakan bawah-kawah-savana-pasir berbisik....timbang...timbang...dan akhirnya kita setuju. Tapi kita pun ragu, pananjakan yang dimaksud yang mana...

this is it...para penunggang kuda besi yang
membawa kita menyusuri Bromo
Perlu diketahui kalau view point sunrise ada pananjakan bawah dan atas. Pananjakan bawah Cuma berjarak 10 menit dari cemoro lawang, tapi view yang kamu dapatkan masih terhalang bukit dan pepohonan...kalau pananjakan atas....kamu bisa lihat negri diatas awan....

Ternyata...125ribu itu untuk pananjakan bawah...kita mau pananjakan atas...tapi tambah 25ribu lagi...jadi 150ribu....

Bimbang...tapi dibuang sayang....150ribu untuk motor demi eksplor bromo...Deal !!

In the Middle of Nowhere
....in the middle of nowhere...
foto ini saya ambil dari atas motor ketika
menyusuri lautan pasir bromo
Jam 03.45 kita dibangunin, dan dikasih air panas untuk membuat susu. Yaa...saya memang minta tolong ke pak santoso untuk menyediakan air panas pagi itu. Segelas milo hangat untuk mengawali eksplorasi bromo. Setelah menghabiskan susu, kita turun ke bawah, disana pak santoso sudah siap dengan dua motor dan dua orang yang akan mengantarkan kita. Mereka tak lain adalah anak-anak pak santoso, yaitu Mas yoyok dan Mas cahyadi.

“Berapa lama mas ke pananjakan??” (saya)

Mas yoyok : “30 menit mbak”

2 motor gedhe ini melesat diantara gelap, kabut dan pasir....ketika saya menengadahkan kepala ke langit...bintik bintik putih mengkilat tersebar diantara pekatnya langit....hhhhmmm....bintang di langit bromo....

Dari jalanan aspal....beralih ke lautan pasir....tanpa petunjuk arah....kabut pekat...gelombang pasir tak terlihat yang sewaktu waktu dapat membuat ban motor terperosok dan membuat kita berjalan sedikit terseok seok....

Subhannallah...saya tidak bisa menggambarkan ini dengan kata kata....
Langitnya kelap kelip dengan bintang, menembus jalan gelap dengan kabut tebal tanpa petunjuk arah, dingin yang sangat menusuk...Tak ada gunung yang punya Lautan Pasir...cuma Bromo.

and i feel like in the middle of nowhere...

Green Flash
View point pananjakan atas sudah ramai dengan para pemburu matahari. Disini, kita melihat matahari mulai terbit menyapa dengan sinarnya, hangatnya, hingga teriknya...

Sunrise from Pananjakan Mountain
Merah,jingga, biru, orange, kuning, putih, dan hijau....I see that green flash like in the pirates of carribean movie....when you see that green flash, you will go out from davy jones locker.

Kawah Bromo
Matahari telah terbit dan menyinari bumi tengger...ketika matahari masih merambat naik, kamu bisa lihat Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru...seperti melepaskan selimut awan mereka...kamu seperti berada di negri diatas awan....


Dari view point gunung pananjakan, kita menuju ke kawah bromo. Naik ke atas bibir kawah bromo....huuuufffttt owesome !!...padahal deket...tapi ngos-ngosan...susah napas. Tanjakan kurang lebih 1 kilometer, dan tangga kurang lebih 250an harus dilewati untuk sampai di bibir kawah. Sebenarnya bisa naik kuda, tapi mahal...60 ribu Cuma sampai dibawah tangga...mending buat ongkos pulang.


Menepi di bibir kawah bromo...
Kawah Bromo
Jalan yang harus kita lalui untuk menuju bibir kawah
Setelah dari kawah bromo...kita mampir bentar di Pura Luhur Poten...tapi kita Cuma boleh masuk dihalamannya saja...
didepan pura luhur poten
Padang Savana
Dari kawah bromo kita menembus lautan pasir dan menuju padang savana...hhmm segeerrr...hijau,hijau,ketemu biru dan biru...hehee

Savana


I hear the whisper
Dari padang savana, berjalan ke arah pulang...kita mampir dulu di Pasir Berbisik. Awalnya saya berpikir...apa bedanya spot pasir berbisik dengan pasir pasir yang dari tadi kita lewati...tapi setelah sampai...saya pun tahu bedanya...

Tekstur pasirnya lebih gembur...bahkan ketika pasir itu tertiup angin, pasir pasir ini akan membentuk seperti gelombang di permukaan tumpukannya. and when you keep silent...you will hear the whisper...

Tempat ini kontras banget sama padang savana....ketika dipadang savana kita lihat kehidupan dengan hijaunya rerumputan dan padang ilalang....tapi ketika di pasir berbisik kita bisa lihat kematian...tandus kering...tak ada kehidupan...just wind...sand and the whisper...
hearing the whisper
Mission Completed
Pasir berbisik adalah tempat tujuan terakhir dari misi eksplor bromo, setelah kami kembali ke homestay...kami masih mengagumi...dan berusaha merelakan singkatnya bermain di bromo. Sedikit tidak percaya dengan pengalaman pagi tadi di Bromo...kami pun mulai packing, mandi dan pamitan...sayang kita nggak ketemu pak santoso pas pamit...padahal mau foto...http://www.emocutez.com

Jalur Pulang tetap sama, Elf dari cemoro lawang ke probolinggo...lanjut Bus probolinggo-malang. Dan seperti biasanya....kita langsung menyerahkan diri pada monster kantuk yang sudah sangat menguasai diri kita...http://www.emocutez.com

Baca juga : Cerita lain di Bromo

| Free Bussines? |

4 komentar:

  1. ini baru namanya jalan jalan ^_^

    BalasHapus
  2. yea iya dooonnnkkk...ini jalan jalan yang seru, mau yang lebih seru??...tunggu misi berikutnya ^o^

    Oe mas rudolfo...kirain siapaa...ternyata taboety !!

    BalasHapus
  3. Mba, salam kenal :) aku Rona, rencananya mau ke Bromo sendirian tanggal 28-29. aku mau nanya-nanya lebih detail ke Mba nih, kira-kira bisa kontak ke email atau nomor telpon gak Mba ? Terima kasih, Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak ronaaa... waduh maaf aku baru baca komen mbaknya...

      28-29 berarti udah lewat donk... :( (jd merasa besalah ga bisa ngasih info)... u can contact me on my email phitawidya@gmail.com...

      Hapus