07/11/11

Karimun Jawa Story...and Beauty....[II]

Setelah perjalanan darat selama 12 jam dari jakarta-jepara, masih dilanjutkan perjalanan air 6 jam dari jepara-karimun jawa. WOW... kalau saya cukup menikmati, meski ngantuk tapi nggak bisa tidur karena posisinya nggak PeWe...selama ada cemilan, maroon5, dan...laut yang biruuu....perjalanan 6 jam itu bukan hal yang menyiksa. Tapi beda dengan emon, emang dasar simonsterbantal, lengkap dengan bantal di lehernya, sambil merem melek antara mabok dan ngantuk !!!http://www.emocutez.com...dia lebih cacad !!!

Tepat jam 14.45 kapal merapat di dermaga pulau Karimun, akhirnya kita turun dan bertemu dengan rombongan yang lain, kurang lebih 16 0rang. Rombongan diangkut pakai minibus ke “homestay”, sampai disana kita langsung disambut makanan enak http://www.emocutez.com...hhhhmmm....saia memang sudah kelaparan sejak di daratan-lautan-dan kembali ke daratan lagi....hahahaaa. Sambil makan, sambil ngobrol, walau pun saya & emon diem aja, kita dengerin orang yang lagi ngobrol. Dan terdapat fakta yang heboh di obrolan itu, ternyata banyak yang dari jakarta, tapi mereka nggak berangkat dari rawamangun. Kalau saya nggak salah dengar, mereka berangkat dari pulogadung dan naik shantika juga. Aku & emon saling pandang tanpa kata, kurasa pikiran kita sama...

“trus kenapa saya yang paling telat...”. Ternyata bus mereka berangkat lebih soreeeeee....jam 18.00....Aaarrrgghhh !!!, jadi mereka nyampe duluan dari pada saya dan mereka nggak perlu terbirit-birit karena takut ketinggalan kapal.

INI DIA PELAJARANNYA KAWAN !!!. Bus shantika dari rawamangun emang paling malem berangkatnya. Ya sudahlah.....~_~.....http://www.emocutez.com

Selesai makan di homestay, kamar dibagi, saya sekamar sama si emon tentunya. Sore hari di karimun jawa, jadwal pertama kita adalah Lihat Sunset. Hari pertama di karimun memang nggak ada jadwal khusus, Cuma istirahat dan santai. Jadi sore itu sesuai petunjuk dari mas indro, kita jalan kaki ke dermaga untuk melihat sunset lanjut kuliner makan malam, karena kita memang nggak dapat makan malam di homestay, homestay hanya menyediakan sarapan dan makan siang saja.

OH iya anyway, homestay adalah rumah penduduk yang kamarnya di sewakan, murah meriah euy. Kita menginap di homestay dan milih sekamar dua orang Cuma 30ribu [1 orang] selama 4 hari 3 malem...berarti permalam Cuma 10ribu plus sarapan & makan siang. Tinggal di homestay ada untungnya juga, kita jadi kenal sama yang punya rumah, kuliner makan malem di karimun, selain itu dapat merasakan suasana rumah yang nyaman.

Sunset at dermaga Karimun Jawa

Dermaga tempat kita melihat sunset adalah dermaga kapal kapal nelayan, cz banyak kapal nelayan yang “parkir” disitu. Kita menanti sunset di atas salah satu kapal, nggak Cuma kita yang lagi nunggu sunset, banyak juga wisatawan lain, tapi jangan bayangkan dermaga ini penuh dengan wisatawan seperti di Bali. Suasananya lebih eksklusif dan eksotik.

Karimun jawa memang pulau wisata, tapi kalau sudah kesana, kamu pasti tidak menyangka kalau ini adalah pulau wisata. Suasananya benar benar sederhana, jalannya, rumahnya, bangunannya...it seems like country style...jarang kendaraan bermotor, bisa dihitung jari. Tapi jangan salah, karimun jawa gag se”ndeso” itu kok. Di sana juga ada Bank dan ATM, tempat jualan oleh oleh, warung warung kecil tapi yang di jual bisa selengkap indomart atau alfamart. Pokoknya...aduh gimana ya njelasinnya...asik deh suasananya.

Penduduk karimun jawa memang menjaga keaslian pulau mereka, mereka tidak mau semata mata menjual tanah mereka ke investor, meskipun banyak yang nawarin, paling banter mereka hanya akan menyewakan tanah mereka. Penduduk karimun jawa tidak ingin karimun jawa jadi “bali” yang lama lama penuh dengan investor asing, dan alamnya perlahan-lahan kikis. SALUT !!!

Sunset hari pertama....hhhmmm....Luar Biasa Indah...., selesai lihat sunset kita lanjut kuliner, ikan kakap merah bakar jadi menu kita, rasanyaaaa.....uuuuueeeennnaaaakkk.....fresh bgt dan murah meriah, ikan bakar 1 [ukurannya cukup buat berdua] + nasi putih2 + sambel + jeruk anget 2 = 26ribu rupiah saja...porsinya pun luar biasa loh !!!. Hari pertama di karimun jawa ditutup dengan makan malam lanjut tidur....^-^...

Hari kedua dikarimun jawa...
Agenda hari kedua adalah ke penangkaran hiu di pulau Menjangan Besar, Snorkling di pulau kecil, lanjut ke pulau gosong, Makan siang di pulau tengah trus snorkling lagi.

Hari kedua di karimun jawa sangat ajaib, pantainya sangat Luar Biasa Indah !!. Meskipun pagi itu di awali dengan hujan, tapi siangnya matahari bersinar terik. Arrrgggghh.....cantik...indah....Subhanaallah...... Yang menarik di hari kedua adalah berenang bersama hiu, kata mas indro hiunya masih ABG tapi gedhe2 ngunu...yang paling kecil itu sekitar 1 meter panjangnya, yang paling gedhe mungkin segede saya. Berenang bareng hiu hujan hujan. http://www.emocutez.com Sangat AJAIB !!!. Kenapa kita tidak di gigit??. Karena hiu ini adalah hiu penangkaran jadi dia tidak seliar hiu “Deep Blue Sea”, justru mereka lari kalau kita mendekat.

swim with shark
Disini juga saya ketemu ikan bermuka aneh, yg menurut saya sangat mirip dengan Red Queen yang ada di “Alice in a wonderland”, si patrick warna pink, terkena karang dikaki yang langsung membuat saya kembali kedaratan...karena kaki saia berdarah brooo...kalau terus di air bisa bisa saya di caplok. Hal menarik lainnya adalah Snorkling !!....WOW I feel like being jack sparrow on pirates of carribean !!!.

Snorkling nggak seru kalau Cuma di permukaan, jadi saya pun berusaha menyelam, lengkap dengan foto underwater hehee. Ternyata memang tidak semudah menyelam di air tawar. Berat jenis air laut lebih besar dari pada air tawar, jadi kita butuh usaha yang lebih besar, tapi usaha besar ini nggak ada apa apanya di bandingkan kamu berenang deket karang & ikan.

Ada aturannya kalau kamu mau snorkling yaitu, kalau nggak bisa atau belum pinter renang mending pakai pelampung, dilarang menyentuh apalagi menginjak karang demi menjaga kelangsungan hidup mereka........yaahhh...supaya 10 tahun lagi kalo aku balik kesana karangnya gag rusak.

Pulau gosong
Selain berenang bareng hiu dan snorkling, yang menarik juga adalah pulau gosong, pulau ini Cuma berukuran 5 x 8 meter, itupun kalo airnya surut semua, pulau ini cuman terdiri dari pasir...pasir...dan pasir...Ajaib !!, pas disitu, rasanya seperti di settingan pirates of carribean dead men chest, pas jack sparrow bikin kesepakatan bareng davy jones buat ngilangin black spot di tangannya biar dia gag di buru monster kraken...hahahaha....http://www.emocutez.com I Loved it !!!. Hari kedua sangat ajaib...sangat Luar Biasa Indah...kalau di tulis detailnya bisa berhalaman halaman. Malam hari di hari kedua, kita nyicip bakso ikan ekor kuning di karimun jawa, rasanya bener bener ikan...kenyal nyam nyam....Trus gorengan bakso tahu ikan...hhhmmm enak enak enak...

Hari Ketiga....
Pulau Ujung Gelam, Karimun Jawa

Agenda hari ketiga adalah ke snorkling pulau cemara besar, makan siang di pulau ujung gelam, snorkling di spot gosong, foto foto di pulau menjangan kecil, lihat sunset terakhir di karimun jawa.

Hhhhhhhh.........aku kehabisan kata kata di hari ketiga Cuma bisa bilang....SUBHANAALLAH......ALLAHUAKBAR...CANTIK...INDAH...GILA...AJAIB...AMAZING...LENGKAP !!! . Semuanya sangat sangat sangat dan sangat LUAR BIASA. Pulau, pantai, dan terumbu karang hari ketiga lebih luar biasa dari hari kedua. http://www.emocutez.com

Yang menarik di hari ketiga adalah snorklingnya, terumbu karangnya keren !!, dan saya berhasil foto underwater berdua sama emon simonsterbantalkakipanjang, mengingat tragedi snorkling hari kedua....

Waktu berusaha menyelam untuk foto underwater, saya kehabisan nafas, dan langsung buru buru naik, pas naik, kakiku serasa menendang sesuatu......dan....ternyata itu KEPALA emon simonsterbantalkakipanjang, sontak setelah kepalaku muncul dipermukaan, saya ketawa cekakakan di lautan lepas hahahahaha http://www.emocutez.com....dan bagaimana nasib emon??...tentu saja dia mencaci maki aku....~_~....Oke lah...

ini dia hasil fotonya
Snorkling di spot gosong, berbeda dari snorkling yang lain. Dia ditengah lautan....agak serem sih...tapi penasaran...dan disitulah pertama kalinya saya tersengat ubur ubur, bagaimana rasanya??...Arrrgghh...kayak sengatan listrik, panas & gatel. Dan disanalah emon mabok laot http://www.emocutez.com...[gag asik bgt sech...]. ubur uburnya lucu si...,transparan tapi warna warni ditengahnya, ada ungu, ijo, pink orange, tapi janganlah kau mendekatinya...

Di hari ketiga kita makan siang di pulau ujung gelam....pulaunya sangat sangat sangat LUAR BIASA cantik !!!, air lautnya biru bening hijau, degradasi warnanya jelas membedakan mana yang dalam dan mana yang dangkal, mana yang ada karangnya dan mana yang dibawahnya Cuma pasir...ombaknya tenang...mataharinya cerah, sampai sinarnya menembus dan memantul cantik di atas air...airnya jadi  seperti kaca...beniiiinnggg banget !!, batu batu, pohon kelapa condong, ikan bakar, hamparan pasir, hhhhh....Luar biasa indah...

Berikutnya adalah Pulau Menjangan Kecil pulau ini juga nggak kalah cantik sama ujung gelam. Ada pulau pulau pasir kayak pulau gosong muncul disekitarnya. Kata mas indro, kalo air surut bisa muncul tiga pulau pasir, tapi kemarin Cuma muncul 2. It’s okay lah...saya jatuh cita pada pulau ini, kita main pasir, foto foto, pokoknya santai.

at Menjangan Kecil
Di Menjangan kecil, saya berbaring di pantai dengan air bening yang rendah, yang desir ombaknya bisa terdengar di telingaku......yang pasirnya masih menyentuh seluruh tubuhku......buai angin di permukaan tubuhku.......terik hangat matahari di mataku. Berbaring lepas, memandang langit biru dengan awannya yang putih, bersih......Subhanaallah......I really loved that feeling.

Disini aku berdoa, dan bermimpi sungguh atas nama Allah aku mengagumi keindahan ini, dan atas nama orang tuaku aku mengukir mimpi disini....

our last Sunset at Karimun Jawa
Hari ketiga di karimun jawa ditutup dengan sunset di dermaga kecil deket pulau karimun...foto bareng rombongan...hadeuuuhh...suasananya senduuuu bangeettt....[kangeeenn...]. Malamnya saya & emon makan siomay ikan karimun jawa...dan kita tidur membawa lelah dan segala keindahan hari itu.

Hari keempat....
Persiapan pulang, kita naik KM Muria lagi, bedanya kali ini kita nggak di dek penumpang, tapi kita menyewa kamar ABK, mengingat perjalanan 6 jam dan sedikitnya energi yang tersisa. Kami menyewa Kamar ABK seharga 350ribu, tentunya untuk bareng bareng. Kamar ini bisa muat 8 orang, pakai AC lagi......jadi pas masuk kapal, kita seperti hanya pindah tempat tidur saja...dari 6 jam perjalanan, 4 jamnya dihabiskan dengan TIDUR. Saya & emon tanpa dikomando langsung tewas seketika. Bangun tidur pun gara gara laper...[cacad !!].

14.30 KM Muria merapat di pelabuhan Jepara...this is a Good bye...,

Always want to go back ...
Nggak lama setelah istirahat di warung bu diah [meeting point tgl 29, yg baru saya lihat pas pulang...], saya & emon pamitan ke mas indro, trus ke terminal jepara. Di terminal jepara kita berpisah, kembali ke dunia kita yang letaknya ratusan kilometer disana, dunia mahasiswa....

Jepara yang eksotis dan Karimun Jawa yang Indah...

Ini baru sembilan hari yang lalu...dan sekarang saya merindukan suasana itu...Semoga saya bisa kembali kesana...Amiiiinn....